Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Properti Tari Piring dari Busana Hingga Alat Musik Pengiring

Advertisement
Properti yang digunakan dalam pertunjukan tari piring memang cukup unik jika kita bandingkan dengan tarian lain. Properti tari piring menjadi ciri khas dalam sebuah pertunjukan kesenian dari daerah Minangkabau yang juga dikenal baik oleh negara Malaysia ini. Untuk memberikan pemahaman lebih lanjut di bawah ini kami sampaikan sebuah artikel mengenai properti dan perlengkapan yang digunakan dalam pertunjukan kesenian yang menjadi andalan bagi Provinsi Sumatera Barat ini.

Pengertian properti tari piring adalah perlengkapan yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari piring. Meskipun dari nama tarian ini kita telah mampu menebak jika properti yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari piring adalah sebuah piring, akan tetapi pada umumnya keseluruhan perlengkapan merupakan ciri dari tari piring. Adapun properti yang digunakan sebagai pelengkap pertunjukan tari piring selain piring sebagai properti utama secara umum dapat kita kelompokan menjadi 2 jenis sebagai berikut:

1 Busana

Busana merupakan pakaian yang dikenakan oleh para penari saat pementasan berlangsung. Adapun busana atau kostum yang dipakai oleh para penari tari piring yakni baju adat. Baju adat kedaerahan yang dimaksud ialah baju adat dari daerah Minangkabau yakni baju adat Bundo Kanduang.
properti-tari-piring

Meskipun tidak semua pertunjukan tarian mengenakan baju adat Bundo Kanduang akan tetapi mayoritas kostum ini yang dijadikan sebagai busana para penari tari piring. Ciri utama dari pakaian ini ialah kerudung/ penutup kepala yang dikenakan menyerupai tanduk kepala kerbau yang disebut dengan tengkuluk.

Atasan yang dikenakan dalam busana merupakan baju kurung yang memiliki pernik hiasan berupa sulaman berbentuk bunga pada beberapa sisi baju yang kerap disebut dengan nama minsia.

2 Alat Musik Pengiring

Sebagian orang menganggap bahwa alat musik pengiring bukan merupakan pelengkap melainkan sebagai pengiring yang sifatnya fleksibel. Dikatakan demikian karena pada saat ini tidak semua pertunjukan tarian ini menggunakan alat musik pengiring melainkan menggunakan rekaman suara dari lagu-lagu atau musik yang sengaja diciptakan guna mendukung pertunjukan tari piring secara lebih sederhana. Namun demikian tidak ada salahnya jika kita juga mengenal berbagai alat musik pengiring tari piring seperti Saluang, Sarunai, dan Bansi.

Busana dan alat musik di atas merupakan beberapa perlengkapan yang biasa digunakan dalam pertunjukan tari piring dan kerap disebut sebagai properti tari piring dalam sebuah pertunjukan tarian khas dari Sumatera Barat ini.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Properti Tari Piring dari Busana Hingga Alat Musik Pengiring