Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Kostum Tari Jaipong Dan Properti Yang Digunakan Dalam Pertunjukan Jaipongan

Advertisement
Kostum tari jaipong memang menjadi salah satu ciri dalam properti yang digunakan dalam sebuah pertunjukan jaipongan. Tak heran jika banyak dari kita bisa menebak jenis tarian yang akan ditampilkan oleh para penari ketika mereka baru naik ke atas panggung. Pada kesempatan ini senitari akan mencoba memberikan penjelasan secara singkat tentang kostum tari jaipong dan properti yang digunakan dalam sebuah pertunjukan.

Kostum Tari Jaipong

Jika pada postingan yang lalu kita telah membahas mengenai tari jaipong secara garis besar kali ini kita akan mencoba lebih spesifik lagi membahas mengenai kostum yang dikenakan para penari tari jaipong. Meskipun terdapat banyak versi dan jenis pakaian yang biasa dikenakan dalam pertunjukan jaipongan akan tetapi dari keseluruhan busana yang dipakai oleh para penari terdapat ciri khusus yang menggambarkan keunikan sekaligus keistimewaan busana yang dikenakan dibandingkan dengan pakaian sehari-hari. Adapun beberapa bagian dalam kostum penari jaipong dan properti yang digunakan antara lain sebagai berikut:
kostum-tari-jaipong-dan-properti-yang-digunakan-dalam-pertunjukan-jaipongan

Sampur

Jika kamu pernah melihat pementasan tari jaipong tentu pernah melihat bentuk dari sampur ini. Bahan sampur terbuat dari kain panjang dan dipakai pada leher para penari, tak jarang dari penonton yang melihatnya menyebutnya dengan selendang karena memang bentuknya menyerupai selendang yang biasa dikenakan oleh perempuan jawa.

Selain sebagai salah satu bagian kostum, sampur juga termasuk properti utama para penari jaipongan. Hampir setiap gerakan tarian para penari memainkan kain panjang yang menyerupai selendang ini. Kepiawaian para penari dalam memainkan gemulainya telapak tangan dan siku menimbulkan keunikan gerakan yang mereka pertunjukan.

Apok

Berbeda dengan sampur, apok merupakan sebutan dari baju atas para penari. Tidak berbeda jauh dengan kebaya, ampok juga memiliki kancing layaknya baju yang dikenakan sehari-hari. Warna dan ornamen tidak begitu terlihat dengan jelas pada kain apok ini, hanya beberapa hiasan berupa bunga yang terlihat terbuat dari bordir yang ditempatkan pada beberapa sudut kostum tari piring ini.

Sinjang

Meskipun pada saat ini kostum para penari jaipong sangat beragam dan penuh dengan kreasi, namun pada awalnya selain terlihat mengenakan kain serupa dengan daster para penari juga mengenakan celana panjang, celana inilah yang kemudian disebut dengan sinjang.

Semoga dengan membaca artikel singkat di atas dapat memberikan kita gambaran tentang kostum tari jaipong dan properti yang digunakan.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kostum Tari Jaipong Dan Properti Yang Digunakan Dalam Pertunjukan Jaipongan