Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Pengertian Tari Kontemporer Beserta Contohnya

Advertisement
Keberadaan tari kontemporer di nusantara saat ini secara umum memang mengalami peningkatan. Pengertian tari kontemporer beserta contohnya di bawah ini menjadi salah bukti bahwa kesenian yang telah mendapat akulturasi dari dunia luar tersebut sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari jawa timur, jawa tengah, jawa barat, dan di luar pulau jawa mengenal tari kontemporer baik dalam bentuk tarian tunggal, modern, kreasi baru, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui pengertian beserta contoh tari kontemporer yang ada di Indonesia silahkan simak penjelasan berikut.

Tari kontemporer merupakan inovasi dari berbagai macam tarian yang mendapatkan sentuhan modernisasi. Inovasi yang lazim dilakukan pada jenis tari ini terdapat pada musik pengiring, gerakan, dan properti yang digunakan oleh para penari.
pengertian-tari-kontemporer-beserta-contohnya

Ada pula yang berpendapat bahwa tari kontemporer merupakan tarian yang dipadukan dari berbagai jenis tarian terutama tarian tradisional dan tarian modern. Dari pengertian-pengertian di atas tentu dapat kita lihat bahwa kemunculan tari modern ini menjadi warna baru dunia hiburan khususnya kesenian dalam berkreasi gerak berirama. Pementasan dan pertunjukan karya-karya kreasi baru tersebut kini sangat mudah kita jumpai, mulai dari even kecil hingga even nasional bahkan Internasional kerap mempertunjukkan jenis kesenian ini.

Jenis tari kontemporer juga mendapat julukan lain tari masa kini oleh masyarakat. Tarian ini juga bisa membuktikan bahwa para seniman senantiasa melakukan usaha dalam mengembangkan hasil kesenian nya terutama para seniman tari. Contoh Tari Kontemporer Adapun jenis-jenis tari kontemporer yang ada di Indonesia diantaranya dapat kita simak dari daftar tarian di bawah ini. Beberapa contoh tarian kontemporer nusantara di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak tari kontemporer. Pada intinya sebuah tarian dapat dikatakan sebagai tari modern/ kontemporer jika tidak memiliki gerak pakem sebagaimana gerakan pada tarian tradisional/ tarian adat.

Gerakan tari gaya bebas seperti tarian dengan koreografi modern yang kerap di tampilkan dalam berbagai acara dewasa ini juga dapat dikatakan sebagai jenis tarian kontemporer. Dengan menyimak artikel di atas semoga dapat memberikan sedikit pencerahan terkait materi pengertian tari kontemporer beserta contohnya.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Tari Kontemporer Beserta Contohnya