Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Pengertian Tari Tunggal Kelompok Berpasangan Beserta Contohnya

Advertisement
Tahukah kamu tentang pengertian tari tunggal kelompok berpasangan? Kesenian tersebut sebenarnya memiliki banyak ciri yang sama khususnya ketika memperlihatkan kebolehan nya dalam memainkan keindahan dan keunikan gerakan para penari. Antara ketiga bentuk tarian tersebut memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh bentuk tari lain baik tari tunggal, tari kelompok, maupun tari berpasangan. Untuk mengetahui perbedaan antara ketiga bentuk tarian tersebut dapat kita simak mengenai pengertian dari ketiganya di bawah ini.

Tari tunggal

Adalah kesenian dalam bentuk tarian yang diperagakan oleh satu orang penari. Dalam jenis tarian ini para penari biasanya berperan menggambarkan atau menyampaikan karakter seseorang atau makhluk hidup lain seperti binatang. Selain dikenal dengan tari tunggul kesenian yang memperlihatkan kebolehan seseorang dalam menggerakkan anggota badan ini juga kerap disebut dengan tarian solo yang berarti sebuah tari yang dimainkan oleh satu penari.
contoh-tari-tunggal-kelompok-berpasangan

Namun jangan salah, tidak semua jenis tari tunggal dimainkan dan dipertunjukkan oleh satu penari saja. Namun beberapa jenis tarian dari bentuk tari tunggal ini kerap terlihat dipertunjukkan oleh dua penari atau lebih yang masing-masing menari secara bergantian.

Contoh tari tunggal yang ada di Indonesia dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.
No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Pendet
10
Tari Persembahan
2
Tari Merak
11
Tari Mani Poreng
3
Tari Kancet Ledo
12
Tari Golek Kanya
4
Tari Gambyong
13
Tari Dewa Memanah
5
Tari Batek Baris
14
Tari Gandrung
6
Tari Leleng
15
Tari Kancet lasan
7
Tari Hudoq
16
Tari Taledhek
8
Tari Srimpi
17
Tari Golek manis
9
Tari Kancet Papatai
18
Tari Cokek

Tari Kelompok

Tari kelompok adalah sebuah kesenian tari yang diperankan/ diperagakan oleh tiga penari atau lebih. Gerakan penari yang satu dengan yang lain biasanya terlihat saling mendukung, tak heran juka dalam pertunjukan tari kelompok ini kekompakan para pemain sangat berpengaruh guna mewujudkan kesuksesan nya di atas panggung.

Contoh dari tari kelompok memang sangat banyak  mulai dari jenis tari tradisional maupun tarian kreasi baru termasuk jenis tari kelompok. Untuk lebih jelasnya mengenai contoh tari kelompok dapat kita simak pada tabel di bawah ini:
No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Kuda Lumping
5
Tari Pongan
2
Tari Piring
6
Tari Bleg Dig Dot
3
Tari Kipas
7
Tari Ulo Uloan
4
Tari Saman
8
Tari Jaipong

Tari Berpasangan

Jika antara pengertian kedua tari di atas memiliki perbedaan yang cukup signifikan berbeda lagi dengan tarian yang satu ini. Pengertian tari berpasangan adalah kesenian tari yang diperankan/ diperagakan oleh sepasang penari. Dengan kata lain tari berpasangan merupakan jenis tarian yang dimainkan oleh 2 orang penari. Sementara dari sisi gerakan tarian para penari biasanya bergerak untuk saling mengisi serta saling merespon antara gerakan penari yang satu dengan gerakan penari pasangannya.

Sama hal nya dengan tari tunggal, tarian ini juga kerap terlihat dipentaskan secara bekelompok, akan tetapi kelompok penari tersebut tetap menari saling berpasangan.

Contoh tari berpasangan dapat sama-sama kita lihat pada tabel di bawah ini:

No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Serimpi
5
Tari Zapin
2
Tari Katareje
6
Tari Serampang Dua Belas
3
Tari Bedhaya
7
Tari Golek Merak
4
Tari Gandrung
8
Tari Belian Senti
Semoga artikel singkat dengan judul pengertian tari tunggal kelompok berpasangan beserta contohnya di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam belajar kesenian serta kebudayaan Indonesia.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Tari Tunggal Kelompok Berpasangan Beserta Contohnya