Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Sinopsis Tari Puspanjali Tari Kreasi Dari Bali

Advertisement
Tari Puspanjali adalah sebuah tarian kreasi baru yang diciptakan oleh seorang seniman kawakan dai Bali yakni  N.L.N. Swasthi Wijaya Badem 26 tahun yang lalu tepatnya tahun 1989. Seperti apa sinopsis, sejarah serta bagaimana gerakan dan keindahan tarian yang juga mendapat sentuhan dari I Nyoman Windha sebagai penata musik pengiring nya tersebut? Selengkapnya bisa kita simak di bawah ini.

Sejarah

Nama dari Puspanjali sendiri berasal dari dua kata yakni puspa dan anjali yang masing-masing memiliki arti bunga dan menghormat. Dari nama tersebut tentu akan kita dapati tujuan tarian puspanjali yakni sebagai tarian penghormatan bagi para tamu.
sinopsis-tari-puspanjali-tari-kreasi-dari-bali
Adalah N.L.N. Swasthi Wijaya Badem seorang seniman profesional inilah yang menciptakan gerakan puspanjali. Selain dikenal sebagai pencipta puspanjali Swasthi Wijaya Badem juga terkenal akan tarian hasil karyanya yang lain seperti Tari Saraswati, Belibis, Siwa Nataraja, dan Tari Sekarjagad.
Dalam penggarapannya Swasti Wijaya tidak serta merta menyajikan koreografi puspanjali semata wayang, namun beliau juga menarik I Nyoman Windha yang tak lain merupakan seniman musik terkenal di daerah Bali kala itu sebagai penata musiknya.

Kolaborasi dua seniman sejati tersebut melahirkan keindahan serta estetika seni tari yang cukup terkenal hingga saat ini.

Kesadaran kedua seniman akan keistimewaan Bali sebagai tempat wisata dan berlibur bagi wisatawan domestik maupun mancanegara menumbuhkan jiwa seni mereka untuk menciptakan suatu karya yang dapat diturunkan kepada generasi penerus serta mampu mendukung potensi wisata di Pulau Bali.

Dari situlah kemudian pada tahun 1989 terciptakan sebuah kesenian yang menampilkan gerakan nan gemulai yang kemudian diputuskan untuk dibawakan oleh kelompok remaja putri sebagai penarinya. Pada umumnya tarian yang mengedepankan keanggunan dari segi gerak dan musik ini dipertunjukkan oleh kelompok penari yang berjumlah lima hingga tujuh orang.

Sinopsis Gerakan

Gerakan tari puspanjali diawali dengan geleng kepala dan berjalan ditempat dengan kedua tangan penari berada di depan dada. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan sebagai sambutan selamat datang bagi para tamu.

Gerakan memutar dan melenggok juga terlihat dalam pementasan tarian ini yang akan menambah keindahan serta menggambarkan keramah tamahan masyarakat Bali terhadap para tamu maupun wisatawan.

Sedikit gambaran di atas semoga dapat memberikan pemahaman kita terhadap sinopsis tari puspanjali serta sejarah yang terdapat dalam gerakan tarian tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sinopsis Tari Puspanjali Tari Kreasi Dari Bali