Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Tari Jaipong Kesenian Tradisional Berasal Dari Jawa Barat

Advertisement
Berasal dari mana kesenian jaipongan? Tentu teman-teman semua tahu jawabnya yakni tari jaipong kesenian tradisional Berasal dari Jawa Barat. Namun demikian rupanya kesenian yang kita ketahui  pertama kali dikenalkan oleh Gugum Gumbira dengan sebutan ketuk tilu tersebut rupanya memiliki dua versi sejarah yang berbeda. Apa saja kedua versi tersebut di bawah ini akan kami uraikan secara singkat.

Versi Pertama

Masyarakat Bandung meyakini bahwa salah satu kesenian tari kebanggaan propinsi Jawa Barat ini merupakan gerakan berirama murni yang diciptakan oleh Gugum Gumbira dengan memodifikasi gerakan tari ketuk tilu. Ketuk tilu merupakan tarian Sunda yang pada waktu itu mengalami kemunduran dan sedikit tertelan perkembangan zaman.
gambar-pertunjukan-tari-jaipong

Dengan kemunculan Jaipongan yang dibawakan oleh Gugum Gumbira secara energik dan spontan seolah tarian ketuk tilu mendapatkan nyawa baru dan perlahan semakin diminati oleh masyarakat Sunda yang kemudian dikenal sebagai tarian tradisional dari provinsi Jawa Barat.

Pada masa lalu pertunjukan jaipongan kerap ditampilkan sebagai hiburan dalam acara-acara adat setempat salah satunya yakni acara pesta perkawinan.

Seiring perkembangan zaman dan diterimanya kesenian garapan Gugum Gumbira ini lantas semakin terkenal di daerah Jawa Barat yang kemudian membuat kesenian tradisional yang sangat erat kaitannya dengan tradisi Sunda tersebut secara resmi dinobatkan sebagai tari tradisional dari Jawa Barat.

Versi Kedua

Meskipun pendapat pertama cukup meyakinkan dan masuk akal namun pernyataan lain yang cukup mencengangkan pernah dilontarkan salah satu pemerhati kesenian di Indonesia.

Menurut versi kedua ini tari jaipong merupakan kesenian tradisional Jawa Barat yang berasal dari kabupaten Karawang. Pendapat ini tentu saja bukan tanpa bukti, salah satu bukti lahirnya jaipongan di Karawang yakni adanya rekaman gerakan tari yang dikeluarkan oleh Suanda Group pada tahun 1976.

Rekaman yang menunjukkan adanya gabungan gerakan dari beberapa unsur kesenian daerah Karawang ini dimainkan dengan alat musik berupa gendang, gong, kecrek dan alat musik pendukung lainnya.

Keunikan gerakan yang mengkolaborasikan berbagai jenis kesenian tersebut perlahan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan termasuk Gugum Gumbira yang kemudian memperkenalkannya di daerah kelahirannya.

Kedua versi tentang asal usul tari jaipong tentu masing-masing memiliki alasan sendiri dalam mengungkapkannya. Terlepas dari hal tersebut kesenian yang identik dengan gerakan yang spontan dan sedikit humoris tersebut perlu kita jaga kelestarian nya bersama.

Semoga artikel singkat di atas dapat menambah wawasan kita terkait dengan tari jaipong kesenian tradisional berasal dari Jawa Barat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tari Jaipong Kesenian Tradisional Berasal Dari Jawa Barat