Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Daftar Tarian Dari Jawa Timur, Tunggal Dan Kelompok

Advertisement
Ragam tarian dari jawa timur tergolong sangat banyak mulai dari tari tunggal, berpasangan, sampai tari kelompok. Untuk mengetahui macam dan jenis tersebut di bawah ini secara ringkas kami tuliskan dalam artikel singkat sebagai referensi baik dalam pengerjaan tugas, belajar tentang jenis kesenian daerah, maupun sebagai bahan penyusunan makalah.

Jawa timur merupakan nama provinsi yang berada di pulau jawa bagian timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah pada bagian barat. Sementara pada bagian timur, selatan, dan utara berbatasan langsung dengan selat bali, samudra hindia, dan laut jawa. Sebagai provinsi dengan luas lebih dari 47 ribu KM2 Jawa Timur memiliki keanekaragaman kesenian tradisional termasuk tarian tunggal maupun berpasangan yang muncul serta berasal dari daerah tersebut.

tari-reog-ponorogo-jawa-timur
Tarian dari jawa timur banyak sekali memiliki keunikan serta keanekaragaman mulai dari jenis properti yang digunakan oleh penari, jenis alat musik pengiring tarian, serta keunikan gerakan pada masing-masing tarian. Adapun jenis tarian yang terdapat di Jawa Timur diantaranya dapat kita simak di bawah ini:

Tarian Dari Jawa Timur

Sebagaimana pengertian tari tunggal yang telah kita pelajari bersama dalam artikel yang berjudul pengertian tari tunggal kelompok berpasangan beserta contohnya. Tarian ini tergolong jenis tari yang fleksibel untuk dipertunjukan. Pasalnya dalam pementasannya tidak memerlukan banyak personil di dalamnya. Adapun tarian tradisional dari jawa timur yang termasuk jenis tari tunggal adalah sebagai berikut:

Taledhek

Merupakan salah satu kesenian tari tua yang menjadi cilkal bakal lahirnya tari gambyong. Pada masa lalu sebutan taledhek juga diberikan bagi para wanita yang berprofesi sebagai penari.

Tayub

Meskipun tidak hanya di Provinsi Jawa Timur tari tayub dikenal oleh masyarakat, namun secara umum tari ini tidak dapat dipisahkan dari provinsi yang beribukotakan di Surabaya tersebut.

Tari tayub termasuk jenis tari pergaulan yang dibawakan oleh para wanita berparas ayu nan lemah gemulai. Kolaborasi antara gerakan, musik, dan lagu jawa menambah keunikan terhadap tari kelompok ini.

Tari Jejer

Tari jejer adalah sebutan lain dari tari gandrung banyuwangi, yakni sebuah kesenian pertunjukan yang menampilkan gerakan berirama dari para penarinya.

Musik pengiring dari tarian khas kabupaten banyuwangi ini tergolong sangat unik yakni berupa gong dan kempul yang secara bersamaan ditabuh hingga menimbulkan nada lagu unik. Properti yang dikenakan oleh para penari jejer juga tergolong sangat tradisional.

Seblang

Tarian seblang adalah jenis tari yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur sebagai salah satu acara adat bersih desa. Kesenian ini tergolong sangat berbeda dengan kesenian tari yang lain, pasalnya para penarinya diyakini ditunjuk oleh salah seorang dukun di desa setempat.

Di daera Banyuwangi sendiri terdapat 2 jenis tari seblang yang hingga kini kerap dipertunjukkan pada acara bersih desa seusai hari raya idul fitri maupun idul adhan.

Tari remo

Bagi teman-teman yang tinggal di kabupaten Jombang tentunya tidak asing lagi dengan tarian khas ini. Konon tari yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Desa Ceweng ini diciptakan oleh seorang pengamen dari daerah tersebut.

Dalam perkembangannya, tari remo sangat dikagumi oleh masyarakat Jawa Timur, bahkan saat ini tari remo juga menjadi salah satu tarian pembuka dalam sebuah pertunjukan kesenian Ludruk  yang sangat terkenal.

Keunikan gerakan tari remo bisa kita lihat dari gerak kaki yang energik sehingga identik dengan suasana ceria dan bahagia. Busana atau kostum yang menjadi properti tari remo yang dikenal terdapat tiga jenis yakni gaya surabayan, jombangan, dan sawunggaling.

Selain jenis tarian dari jawa timur di atas sebenarnya masih terdapat tari lain yang menjadi kesenian daerah provinsi Jawa Timur sepeti reog ponorogo yang dikenal merupakan jenis tari kelompok, kesenian tradisional yang sangat erat hubungannya dengan kekuatan magis. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daftar Tarian Dari Jawa Timur, Tunggal Dan Kelompok