Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Fungsi Tari Cakalele dan Sejarahnya

Advertisement
Apa sih fungsi tari cakalele yang dikenal oleh masyarakat Maluku? Pertanyaan ini tentu bisa kita jawab jika kita membaca mengenai sejarah tarian perang tersebut. Untuk itu di bawah ini kami tuliskan sebuah artikel singkat mengenai fungsi dan sejarah tari cakalele. Selamat menyimak.

Sebagaimana yang telah kita bahas bersama dalam artikel berjudul tari cakalele maluku di sana kita sebutkan bahwa tarian tradisional dari masyarakat Maluku ini memiliki makna yang melambangkan keberanian penduduk Maluku. Secara garis besar fungsi dari tarian ini dapat kita bagi menjadi 2 yakni fungsi pada masa lalu dan fungsi saat ini.

Fungsi Masa Lalu

gambar-tari-cakalele-hanya ilustrasi
Dalam sejarahnya tarian cakalele rupanya telah dikenal oleh orang-orang Maluku sebagai sebuah ritual adat yang dilakukan oleh para pendahulu mereka.

Gerakan serta makna yang terkandung di dalamnya membuat tarian ini juga dikenal sebagai tari perang dari maluku. Namun demikian pada masa lalu fungsi tarian ini selain disinyalir sebagai ritual penyemangat orang-orang Maluku dalam bertempur di medan perang juga dikenal sebagai sebuah ritual adat yang dipertunjukan pada saat-saat tertentu.

Pada masa lalu tarian ini kerap dilakukan pada saat penduduk setempat akan melakukan suatu pekerjaan besar seperti berlayar, maupun bercocok tanam. Penduduk setempat mempercayai bahwa gerakan serta ritual yang terdapat dalam tari cakalele merupakan sebuah ritul penghormatan kepada para leluhur mereka. Tak heran jika ada pula yang berpendapat bahwa tarian  ini mengandung unsur mistik dimana para penari bisa saja kerasukan roh nenek moyang.

Fungsi Saat Ini

Seiring perkembangan jaman serta akulturasi kebudayaan setempat dengan budaya modern fungsi dari tarian cakalele secara perlahan berkembang menjadi suatu hiburan yang dipertunjukkan sebagai sambutan bagi tamu undangan dalam berbagai acara besar.

Lantunan musik pengiring tarian ini yang tergolong cukup unik membuat siapa saja yang menyaksikannya akan terkesima oleh keunikan tarian perang dari Maluku tersebut.

Selain hal tersebut di atas tentunya filosofi serta makna dibalik properti tari yang melambangkan jiwa ksatria boleh menjadi pokok komunikasi di balik kesenian tradisional tersebut.

Dalam perkembangannya saat ini pertunjukan tari perang Maluku kerap dipertontonkan sebagai hiburan dalam berbagai acara baik acara adat maupun acara pemerintahan setempat.

Dari kedua fungsi tari cakalele di atas tentunya dapat kita tarik kesimpulan bahwa tarian tradisional maluku ini memiliki nilai kebudayaan dan histori yang cukup besar. Terlebih properti tari yang dikenakan oleh para penarinya memiliki makna bagi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fungsi Tari Cakalele dan Sejarahnya