Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Tari Persembahan Rokan Hulu

Advertisement
Selain tari kwayang dan cegak tari persembahan rokan hulu juga termasuk jenis tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Riau. Jenis kesenian yang identik dengan sirih dan tepak ini menjadi kekayaan tersendiri bagi Kabupaten Rokan Hulu yang berada di provinsi riau tersebut. Seperti apa gambaran tarian persembahan dari kabupaten rokan hulu secara singkat dapat kita simak dalam artikel berikut.

Tari persembahan yang dikenal oleh masyarakat Rokan Hulu hampir sama dengan tari sekapur sirih sambutan selamat datang provinsi jambi. Ciri yang dimiliki oleh tari tradisional yang berasal dari Rokan Hulu ini juga memiliki kesamaan dengan tari sekapur sirih yakni berupa sirih.

Fungsi dari tarian persembahan ini tak lain sebagai sambutan bagi tetamu yang datang ke kabupaten mereka.
Masyarakat Rokan Hulu yang sangat menghormati tamunya akan senantiasa memberikan sambutan selamat datang serta beramah tamah dengan cara mereka sendiri dan salah satunya yakni dengan mempersembahkan sebuah tarian persembahan yang cukup istimewa bagi orang-orang yang baru pertama kali datang ke sana.

Tarian persembahan ini biasa dipertunjukan secara berkelompok dengan ketentuan penari yang berjumlah ganjil. Salah satu dari penari tersebut bertugas membawa nampan yang dikenal dengan sebutan tepak dan di dalamnya terdapat daun sirih yang nantinya akan disodorkan pada tamu sebagai tanda kehormatan masyarakat Rokan Hulu kepada mereka.

Tarian Rokan Hulu biasa dipertunjukan dengan iringan alat musik seperti alat musik gesek/ biola, tabuh, bahkan biasa pula diiringi alunan nada piano.

Sementara itu tidak ada syarat mutlak dalam penggunaan kostum yang dikenakan oleh para penarinya. Hal ini tentu saja untuk mempermudah koreografer dalam menata pertunjukan termasuk dalam menyesuaikan pada tamu yang mereka sambut.

Jenis gerakan yang ditunjukan dalam tarian ini sangat beragam mulai dari melenggok, berputar, hingga bertimpuh.

Jika kita menyaksikan tarian ini maka akan melihat para penari dengan tinggi sejajar serta kompak dalam bergerak seolah menghipnotis kita untuk berlama-lama di Rokan Hulu.

Demikian sedikit ulasan mengenai tari persembahan rokan hulu sebagai salah satu tari tradisional yang pantas kita banggakan. Jika teman-teman berkunjung ke Riau sempatka diri untuk datang ke Rokan Hulu ya menyaksikan keindahan tarian persembahan serta tarian tradisional lainnya seperti tari kwayang dan tari cegak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tari Persembahan Rokan Hulu