Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Unsur Pendukung Tari Dari Gerak Hingga Tata Rias

Advertisement
Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari unsur pendukung tari mulai dari gerak hingga tata rias. Dari kalimatnya tentu sudah bisa kita prediksikan bahwa unsur pendukung merupakan suatu aspek yang mendukung suksesnya suatu pertunjukan tari. Dengan kata lain unsur unsur tari tersebut memberikan manfaat untuk mendukung sebuah tarian mencapai tujuannya baik dalam hal komuniksi maupun dari segi hiburan. Apa saka aspek pendukung yang terdapat pada sebuah tarian? Kita simak bersam artikel singkat di bawah ini.

Unsur pendukung menjadi sangat penting bagi seorang koreografer serta penari dalam menyampaikan makna yang terdapat pada sebuah tarian. Secara garis besar unsur unsur tari ini dapat kita kelompokan menjadi enam aspek mulai dari gerak, properti tari, iringan, tata busana, tata panggung, hingga tata rias. Berikut merupakan penjelasan dari keenam unsur pendukung sebuah tarian.

1 Gerak

unsur-pendukung-tari-dari-gerak-hingga-tata-rias
Gerakan adalah salah satu unsur pokok yang wajib ada dalam sebuah pertunjukan tari. Jika dalam unsur dasar tari kita mengenal wiraga sebagai sebuah peragaan dari seluruh gerakan badan di dalam unsur pendukung kita mengenal gerakan sebagai suatu rangkaian gerak ritmis yang disajikan untuk dinikmati oleh orang lain atau penonton.

Gerakan yang terdapat dalam sebuah tarian tentu sangat beragam mulai dari gerak kepala, muka atau wajah, bola mata, tangan yang meliputi siku, jari-jari, hingga pergelangan tangan,  gerakan pinggul, hingga kaki yang menekankan pada sebuah gerak seni. Gerak yang terdapat dalam seni tari memiliki beberapa sifat diantaranya yakni lemah lembut, ritmis, tegas, dan terputus-putus.

Jika kita lihat lebih jauh mengenai gerakan tari di Nusantara kita akan dapati bahwa dalam serangkaian gerakan memiliki beberapa perbedaan seperti gerak murni, gerak imitatif, gerak imajinatif, hingga gerak maknawi yang banyak mengandung makna guna menyampaikan komunikasi kepada  orang lain.

2 Properti Tari

Properti tari sebagai salah satu unsur yang terdapat pada tarian memiliki berfungsi untuk menciptakan nuansa dalam sebuah pertunjukan tari.

Selain berfungsi sebagai pendukung properti juga berfungi untuk membedakan suatu tarian dengan tarian lain. Keunikan dan keberagaman properti ini yang kemudian menciptakan ciri-ciri sebuah tarian sebagai contohnya adalah properti tari piring yang dapat kita simak disini.

3 Iringan

Iringan merupakan pendukung tari yang biasa berasal dari tubuh para penarinya maupun dari alat musik pengiring.

Sebagai contohnya iringan dari para penari yakni dapat berupa tepuk tangan, suara yang mereka lantunkan, hingga hentakan kaki. Sementara iringan dari benda bisa berupa suara alat musik seperti gendang, rebana, gong, gamelan, piano, dan lain sebagainya.

4 Tata Busana

Busana atau pakaian yang dikenakan oleh para penari merupakan unsur pendukung tari yang tak kalah penting dengan iringan. Pasalnya busana atau kostum memiliki peran sebagai penyempurna pertunjukan.

Secara umum tata busana dalam sebuah tarian terdiri dari celana, baju, selendang atau kain, ikat kepada hingga mahkota. Beberapa tarian di Indonesia seperti tari klasik memiliki ciri menggunakan pakaian adat setempat dimana tarian terseut berkembang. Sebagai bukti pentingnya tata busana dalam sebuah pertunjukan tari kita bisa menyimak artikel berjudul properti tari pendet dan kostum yang dikenakan penarinya.

5 Tata Panggung

Tata panggung atau juga kerap disebut dengan tata pentas menjadi unsur pendukung yang cukup penting. Terlebih untuk sebuah pertunjukan tari modern saat ini tata panggung telah mendapatkan inovasi baik dari segi pencahayaan maupun bentuk panggung sendiri.

Dalam menata panggung seorang penata bukan sekedar menciptakan suasana nyaman bagi para penari namun juga mempertimbangkan efek artistik serta penonton.

6 Tata Rias

Tata rias merupakan unsur pendukung berupa alat makeup mulai dari lipstik, bedak, dan lain sebagainya. Tata rias ini berguna sebagai pendukung konsep atau peran yang dibawakan oleh para penari agar tercipta nuansa pertunjukan yang sempurna.

Ke enam unsur di atas merupakan unsur pendukung yang digunakan dalam kesenian tari. Jangan lupa ya share artikel berjudul unsur pendukung tari dari gerak hingga tata rias ya ini jika menurutmu bermanfaat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur Pendukung Tari Dari Gerak Hingga Tata Rias