Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Sejarah Tari Perut

Advertisement
Seni Tari - Rasa penasaran tentu akan muncul ketika kita menyaksikan pertunjukan tari perut. Gerakan energik dan ritmik ini sering kali dipertunjukkan di berbagai acara televisi baik talk show maupun sinetron. Bagaimana sejarah kemunculan kesenian ini dan bagaimana perkembangannya hingga dapat mendunia seperti saat ini? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

Tari perut adalah salah satu tarian yang sangat mendunia. Beberapa sumber berpendapat berbeda tentang tarian yang dikenal pula dengan sebutan belly dance ini. adapun pendapat yang kerap dikemukakan tentang asal usul tari perut antara lain sebagai berikut

Kesenian Perancis

sejarah-tari-perut
Sebagian sumber menyebutkan bahwa tarian ini pertama kali dipertunjukan di negara Perancis ratusan abad yang lalu. Meskipun beberapa orang mengira bahwa belly dance merupakan kesenian asli dari turki namun dalam sejarahnya tarian ini juga sudah dikenal oleh orang-orang perancis jauh sebelum orang turki mengenal belly dance.

Kesenian Asal Mesir

Berbeda dengan pendapat pertama sumber lain menyebutkan bahwa tarian perut merupakan sebuah kesenian orang-orang Mesir Kuno yang muncul pada tahun 1000 sebelum masehi. Hal ini kerap dikaitkan dengan keberadaan ukiran candi yang menggambarkan keberadaan seorang wanita menari layaknya pertunjukan belly dance.

Kesenian India

Pendapat ketiga menyatakan bahwa belly dance berasal dari India sekitar 5 ribu tahun yang lalu dan dikenal di kawasan Eropa dan Timur Tengah melalui suku Gypsi yang bermigrasi hingga ke wilayah Eropa serta Mesir dan Turki dan berkembang baik di sana.

Keunikan serta kegembiraan yang diperlihatkan dalam gerakan tari perut memang cukup menarik untuk disaksikan sehingga membuat para pria yang melihat tarian tersebut seolah terpikat dengan kecantikan sang penari.

Sejarah Belly Dance memang cukup pelik untuk kita ketahui secara pasti karena keterbatasan sumber sejarah yang menyatakan kemunculan belly dance. Hingga saat ini perkembangan belly dance sangat pesat terlihat di berbagai belahan dunia seperti India, Turki, Mesir, hingga Indonesia.

Semoga dengan memahami ketiga pendapat mengenai sejarah tari perut di atas kita dapat menyimpulkan bahwa hubungan sosial antara satu kelompok masyarakat dengan yang lainnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan dunia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Tari Perut