Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Sejarah Asal Usul Tari Cangget Lampung

Advertisement
Seni Tari - Artikel ini akan membahas mengenai sejarah tari Cangget lampung yang cukup terkenal di kalangan para seniman Indonesia. Kesenian ini termasuk jenis tarian daerah yang dulunya dipertunjukkan oleh masyarakat sebagai salah satu ritual dalam upacara adat. Bagaimana asal usul tarian tersebut dan apa saja properti yang terdapat di dalamnya kita simak langsung uraian singkat di bawah ini.

Sejarah

Tari Cangget merupakan sebuah tarian khas dari Lampung yang dipertunjukkan sebagai salah satu ritual dalam upaca adat masyarakat Lampung. Jenis kesenian gerak berirama ini diyakini pertama kali dikenal oleh masyarakat Pepadun sebagai salah satu ritual adat dalam berbagai upacara seperti upacara sedekah bumi menjelang panen raya, upacara dalam pendirian rumah, serta upacara pelepasan seseorang yang akan berangkat ke tanah suci untuk naik haji.
sejarah-tari-cangget-lampung
Selain ditujukan sebagai pemeriah acara adat tarian Cangget pada waktu itu juga memiliki fungsi semacam ujian bagi para remaja baik lelaki maupun perempuan dalam melakukan gerakan tari sekaligus berhias diri/ bertata rias.

Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa pertunjukan Cangget tidak hanya dilakukan oleh para penari profesional melainkan dilakukan oleh para remaja baik pemuda maupun pemudi di mana acara tersebut diadakan.

Sebagian orang berpendapat bahwa dalam kesempatan ini para remaja senantiasa menunjukan kepiawaiannya baik dalam menari maupun bersolek karena penilaian masyarakat khususnya para orang tua sering dilakukan terhadap mereka dalam acara ini. Melalui gerakan serta cara bersolek mereka setidaknya para orang tua dapat menilai kehalusan budi pekerti, ketangkasan dalam bertahan hidup/ berusaha serta kepiawaian dalam berdandan apakah sudah menunjukkan kedewasaan atau belum.

Seiring perkembangan zaman tepatnya pada masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942 tarian ini mulai dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu hiburan. Mulanya berkembang hingga ke wilayah Sebatin dan meluas ke seluruh wilayah Lampung.

Bahkan para era ini tarian Cangget kerap pula dipertunjukkan dalam acara di luar Lampung seperti kirab budaya maupun acara pentas kesenian lainnya.

Properti dan Alat Musik

Sebagaimana kesenian tari yang berasal dari daerah lain, properti tari menjadi sebuah ciri khas yang mengidentikan dengan istiadat dimana kesenian tersebut muncul dan berkembang. Adapun properti tari Cangget antara lain dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.
Properti
Jepana
Tombak
Keris
Talam Emas
Payung
dll

Sementara itu busana yang dikenakan oleh para penari baik penari perempuan maupun laki-laki antara lain sebagai berikut.

Busana Penari
PerempuanLaki-laki
KebayaJubah
Kain TapisIkat Pandan
TanggaiBaju Sebelah
PenekenBulu Seratai
SigerKain Tapis
Gelangdsb
Kalung
dsb
Demikian artikel singkat tentang sejarah tari cangget Lampung semoga bermanfaat dalam belajar seni budaya Indonesia. Mari kita lestarikan bersama budaya warisan nenek moyang kita.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Asal Usul Tari Cangget Lampung