Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Keunikan Properti Tari Bondan dan Penjelasannya

Advertisement
Seni Tari – Tari Bondan adalah salah satu kesenian gerak berirama yang berasal dari wilayah Surakarta Jawa Tengah. Sebagai salah satu wilayah kerajaan Surakarta memang terkenal akan keragaman kesenian serta keunikan kebudayaan hingga saat ini. Untuk mengenal secara mendalam mengenai tari Bondan di bawah ini kami sajikan uraian tentang properti tari bondan sebagai wujud apresiasi kita terhadap warisan budaya nusantara.

Bukan rahasia lagi jika kerajaan yang berasal dari Mataram Islam ini memiliki keragaman budaya baik yang tumbuh di dalam keraton maupun yang berkembang di lingkungan masyarakat luas. Mayoritas kesenian dan budaya masyarakat Surakarta memang diawali dari dalam keraton kemudian tersebar ke masyarakat umum. Bahkan beberapa sumber tertulis menyebutkan bahwa kesenian tari yang muncul dan berkembang dari dalam keraton Surakarta tak terhitung jumlahnya. Salah satunya ialah kesenian Tari Bonda.

Selayang Pandang

properti-tari-bondan
Beberapa sumber sejarah menyebutkan jika tari bondan telah dikenal oleh masyarakat sejak zaman kerajaan Mataram. Pada masanya jenis tarian klasik ini diwajibkan untuk dimainkan oleh seorang kembang desa untuk dipertunjukkan di hadapan raja. Kalau kita ibaratkan bisa jadi pada masa itu tiap-tiap desa diwajibkan untuk mengirimkan perwakilan penari tari bondan sebagai hiburan raja di keraton.

Keunikan tari bondan terdapat dari alur cerita yang dimainkan oleh para penari dimana para penari yang terdiri dari para kembang desa ini mempertunjukkan sifat keibuan dengan beragam properti pendukung di dalamnya.

Memasuki era berikutnya tari bondan lebih dikenal oleh masyarakat Kasunanan Surakarta sebagai salah satu pewaris tahta kerajaan Mataram Islam. Sejak saat ini jenis tari bondan terbagi menjadi 3 yakni Bondan Tani, Bondan Cindogo, dan Bondan Mardisiwi.

Ketiga jenis tari bondan tersebut terjadi karena adanya perbedaan alur cerita hingga properti tari bondan yang dikenakan oleh masing-masing penari.

Properti Tari Bondan

Bagi teman-teman yang belum pernah menyaksikan jenis tarian yang berasal dari Surakarta ini tentunya bertanya-tanya apa saja sih properti tari bondan yang digunakan oleh para penarinya sehingga membuat jenis tari klasik ini memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan tarian lain seperti tari perang maupun tari jaipong?

Memang benar, selain keunikan dalam alur cerita salah satu ciri khas yang menjukan keistimewaan terdapat para properti tari yang digunakan untuk mendukung para penari dalam mempertunjukkan alur cerita. Adapun beberapa properti yang biasa digunakan dalam sebuah pertunjukan tari bondan antara lain sebagai berikut.

Kendil

Kendi atau kendil merupakan sebuah wadah (tempat air minum) yang terbuat dari tanah liat. Properti ini digunakan sebagai alas tari oleh para penari. Jika kita melihat pertujukan tari ini tentunya akan terpukau bagaimana seseorang melakukan gerakan dengan bertumpu pada sebuah kendi yang ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penari itu sendiri. Namun demikian properti berupa kendil tidak ditemukan pada jenis tari bondan Mardisiwi.

Boneka

Boneka juga menjadi salah satu ciri khas dari properti tari bondan. Peran boneka anak ini sebenarnya lebih ke arah mendukung alur cerita dimana para penari menunjukan sifat keibuannya yang lemah lembut serta penuh kasih sayang terhadap anaknya.

Salah satu tujuan dari kesenian ini memang memberikan pelajaran pada remaja putri untuk tidak melupakan jatidirinya sebagai seorang wanita yang kelak akan tumbuh dewasa menjadi seorang ibu. Tak heran jika tarian ini sangat digemari oleh remaja putri pada masanya.

Payung

Payung berperan sebagai properti yang tak boleh tertinggal dalam sebuah pertunjukan tari bondan Mardisiwi dan Cindogo. Properti ini digunakan penari sebagai pendukung gerakan sekaligus sebagai gambaran bagaimana seorang ibu melindungi anaknya dari segala mara bahaya.

Selain sebagai bentuk hiburan, filosofi yang terdapat pada pertunjukan tari bondan memiliki peran penting dalam pendidikan khususnya bagi remaja putri dalam perkembangan psikis dan mentalnya. Dengan demikian remaja putri akan lebih siap serta paham bagaimana peran seorang ibu dalam membesarkan serta melindungi anaknya.

Selain ketiga properti di atas tentu saja sebagai salah satu jenis tarian klasik tari bondan juga dicirikan dari kostum yang identik dengan busana desa orang jawa. Sementara itu pada pertunjukan tari bondan tani properti yang dikenakan biasaya berupa tenggok, caping, dan alat pertanian. Sekian dulu ulasan mengenai properti tari bondan dari surakarta yang hingga kini banyak memukau para penonton yang menikmati pertunjukan tarian tersebut.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keunikan Properti Tari Bondan dan Penjelasannya