Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Mengenal Properti Tari Kuda Lumping

Advertisement
Seni Tari - Keanekaragaman kesenian masyarakat Indonesia secara jelas dapat kita lihat melalui kesenian tari kuda lumping. Jenis kesenian yang identik dengan properti berbentuk boneka kuda ini banyak dikenal di berbagai daerah dengan nama sendiri-sendiri. Untuk mengenal lebih jauh mengenai properti tari kuda lumping di bawah ini sengaja kami himpun informasi dari berbagai sumber.

Tari kuda lumping dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu hiburan menarik sekaligus menakutkan. Pasalnya beberapa jenis permainan tersebut dapat membuat seorang pemain kehilangan kesadaran karena kerasukan. Di beberapa daerah tarian ini dikenal dengan sebutan masing-masing seperti “Jathilan” di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, “Jaranan Thek” di daerah Ponorogo, “Jaranan Senthewe” di wilayah Tulungagung, dan lain sebagainya.
properti-tari-kuda-lumping
Dari ragam jenis tari kuda lumping tersebut setidaknya terdapat beberapa ciri dengan properti yang digunakan pada dalam sebuah pertunjukan. Adapun secara terperinci properti tari kuda lumping dapat kita simak di bawah ini.

Kuda Lumping

Properti ini menjadi properti utama dalam sebuah pertunjukan, biasanya boneka kuda dibuat secara manual oleh pengrajin dari bahan kepang. Kuda Lumping atau yang akrab disebut dengan Jaran Kepang oleh masyarakat Jawa Tengah ini menjadi properti yang nantinya dinaiki oleh para penari.
Penari tari kuda lumping sendiri biasanya terdiri dari beberapa orang dalam satu kelompok baik wanita maupun pria.

Konstum

Layaknya pakaian yang dikenakan oleh penari pada jenis tarian lain seperti properti tari merak, penari kuda lumping juga mengenakan kostum serupa antara satu dengan yang lain.

Hal ini semakin menarik dilihat karena kesan prajurit pada tarian kuda lumping benar-benar terjaga. Meskipun tidak ada keharusan pada sebuah kostum tarian kuda lumping namun setidaknya kostum yang dikenakan memiliki beberapa ciri khusus seperti berwarna merah, hitam, dan kuning; terdapat selendang sebagai penutup celana, serta ikat kepala.

Senjata

Meskipun tidak semua jenis tarian kuda lumping dipertunjukkan dengan menggunakan senjata, namun ada pula kelompok penari yang mengenakan senjata sebagai salah satu properti tarian. Senjata tersebut biasanya berupa parang yang terbuat dari kayu, atau berupa cambuk.

Ketiga properti tari kuda lumping di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak properti yang terdapat pada kesenian khas dari Indonesia ini.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Properti Tari Kuda Lumping