Sejarah Asal Usul Tari Saman Singkat

Sejarah asal usul tari saman singkat- Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki banyak pulau yang sebagian besar terbagi oleh beberapa provinsi. Hingga saat ini jumlah provinsi di Indonesia dari waktu ke waktu perlahan mengalami peningkatan karena adanya pemekaran wilayah. Saat ini provinsi di Indonesia tercatat sebanyak 33 provinsi mulai dari sabang sampai merauke. Sebagai kesenian daerah Aceh Tari Saman terkenal akan keunikan serta kekompakan dalam gerak berirama yang disajikan dalam sebuah pementasan. Di bawah ini kita akan sedikit mengulas mengenai sejarah tari saman.

Bagaimana sejarah asal usul tari saman?

Setiap provisi di Indonesia tentu memiliki ciri khas baik dalam ranah sosial maupun kebudayaan yang mencerminkan masyarakat di suatu daerah. Sebagai daerah yang juga dikenal dengan sebutan serambi mekah tentu Aceh merupakan wilayah utama yang mendapatkan pengaruh dari ajaran Islam di nusantara.
sejarah-asal-usul-tari-saman-singkat

Sejarah tari saman mulai dikenal pada masa masuk dan berkembangnya agama Islam di Aceh. Menurut berbagai sumber kemunculan tari saman pertama kali dikenal oleh masyarakat suku Gayo Lues sebagai suatu ritual yang dilakukan guna memperingati upacara-upaca adat maupun peristiwa penting dalam sosial masyarakat Suku Gayo.

Sebagian lagi berkeyakinan bahwa tarian yang telah mendapat alkulturasi kebudayaan Islam ini dulunya digunakan sebagai media dakwah dalam berbagai hajatan terkait dengan acara keagamaan seperti peringatan hari besar Islam dan lain sebagainya. Secara logika tarian ini dapat kita simpulkan sebagai sarana untuk mendatangkan dan menarik masyarakat Aceh untuk datang dalam acara keagamaan Islam.

Siapa pencipta tari saman?

Adalah Syekh Saman, seorang ulama besar dari suku Gayo disebut-sebut sebagai orang yang menciptakan tarian yang dikolaborasikan dengan syair dan musik ini pada kisaran abad ke-16. Pok Ane merupakan sebutan dari jenis tarian ini pada awal kemunculan nya, namun demikian peran dari Syekh Saman dalam menciptakan gerakan tari lebih dikenal oleh masyarakat, karena inilah kemudian ekspresi gerak tubuh berirama yang dikenal oleh masyarakat Gayo tersebut diberi nama dengan sebutan “tari saman”.

Pada perkembangannya keunikan gerakan tari saman mendapatkan banyak apresiasi baik dari rakyat setempat maupun dari wilayah sekitar di luar Gayo sendiri. Lambat laun tarian ini menyebar ke berbagai daerah di sekitar Gayo dan pada puncaknya menjadi salah satu icon kesenian daerah Provinsi Aceh.

Sedikit gambaran tentu bisa kita dapatkan dari artikel singkat di atas, bagi teman-teman yang merasa ingin menambahkan atau memberikan koreksi pada ulasan ini dapat berkomentar pada kolom komentar di akhir penjelasan mengenai sejarah asal usul tari saman singkat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel