Tari Saman Tarian Daerah Provinsi Aceh

Salah satu seni kebudayaan khas dari Porvinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) ialah tari saman. Jenis kesenian daerah ini merupakan salah satu icon andalan dari provinsi NAD. Untuk mengenal mengenai salah satu kebudayaan yang mengedepankan gerakan ini dpat kita simak bersama melalui artikel di bawah ini.

Saman merupakan nama tarian daerah yang bersal dari Peovinsi Nangroe Aceh Darussalam. Seni daerah yang mengedepankan gerakan serta syair ini dipertunjukkan dengan alat musik pengiring berupa rebana atau kendang.

Menurut catatan sejarah tarian saman merupakan sebuah kesenian yang digunakan sebagai hiburan pada peringatan hari besar keagamaan seperti maulud nabi Muhammad SAW, menyambut datangnya tahun baru hijriyah, dan lain sebagainya.

gambar-tari-saman
Namun demikian pada perkembangannya keberadaan tari yang diperkenalkan oleh Syech Saman ini menjadi sangat terkenal hingga ke seluruh nusantara bahkan luar negeri sebagai sarana hiburan pada berbagai acara yang bersifat kedaerahan maupun kenegaraan.

Pada tahun 2000 ke atas tarian ini semakin akrab dikalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran jika dalam acara-acara pada berbagai kampus ternama di Indonesia tarian ini juga kerap menjadi hiburan yang dipertunjukkan.

Sebutan saman diberikan pada kesenian tari ini karena pada mulanya gerakan dan iringan lagu atau syair yang ditampilkan dalam pertunjukan tarian ini diperkenalkan oleh seorang tokoh penyebar agama islam di dataran Gayo yang bernama Syech Saman.

Tepukan serta pukulan dada dan paha dari para penari menimbulkan suara khas dan unik dalam penampilan tari ini.

Pada masa lalu, tarian yang juga dikombinasikan dengan iringan syair dalam bahasa arab ini dipertunjukkan di sebuah panggung di bawah Meunasah.

Pada perkembangannya tarian ini bukan hanya disajikan pada acara peringatan keagamaan semata melainkan telah merambah ke berbagai bidang acara baik pada acara formal maupun non formal.

Keunikan serta keindahan gerak kompak yang dilakukan para penari kerap membuat para penonton terpukau. Tak heran jika tari saman ini juga terkenal hingga ke mancanegara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel