Deskripsi Singkat Tentang Tari Saman Dan Asal Daerahnya

Tari saman merupakan sebuah tarian yang kini dijadikan sebagai tari daerah provinsi aceh (NAD). Di bawah ini kami sampaikan deskripsi singkat tentang tari saman dan asal daerahnya. Namun perlu kita sampaikan kembali bahwa pada postingan sebelumnya kita juga pernah membahas salah satu kesenian tradisional tersebut dalam artikel berjudul Sejarah Asal Usul Tari Saman Singkat.

Tari saman mulai dikenal oleh masyarakat aceh setelah masuk dan berkembangnya ajaran Islam di daerah tersebut. Tak heran jika sebagian properti tari yang digunakan merupakan akulturasi dari kebudayaan timur tengah. Pada awal kemunculan tarian yang mengedepankan kekompakan antara para penari ini dikenalkan oleh Syech Saman, yakni seorang ulama sekaligus tokoh terkemuka di dataran tinggi Gayo Nangroe Aceh Darussalam.
deskripsi-singkat-tentang-tari-saman-dan-asal-daerahnya
Pada awalnya fungsi tarian ini digunakan sebagai salah satu media dakwah guna menarik perhatian masyarakat setempat untuk mempelajari ajaran Islam. Tak heran jika keberadaanya pada waktu itu hanya dipertunjukkan pada acara-acara keagamaan.

Dari mana asal daerah tari saman?

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa tarian ini pertama kali dipentaskan di wilayah Gayo. Menurut wikipedia Tataran Tinggi Gayo merupakan salah satu kawasan di wilayah Bukit Barisan Sumatera yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Dari kabupaten Gayo Lues inilah asal daerah tari saman.

Sebagai media dakwah sebelum pementasan tari saman terlebih dahulu seorang ulama tampil untuk memberikan wejangan dan nasehat bagi para penari dan masyarakat setempat yang turut menyaksikan tarian tersebut.

Dengan demikian komunikasi antara seorang ulama dengan masyarakat setempat khususnya yang menyaksikan tarian saman dapat tersampaikan dengan baik.

Lambat tapi pasti kesenian tari saman mulai dikenal baik di kalangan masyarakat Gayo dan pada berbagai kesempatan tarian ini dipertunjukkan di luar daerah Gayo. Dengan diperkenalkannya tari saman tersebut pada masyarakat luar seni tari yang diajarkan oleh Syeh Saman ini kemudian dikenal pula di seluruh wilayah Aceh.

Dengan membaca artikel di atas tentu kita dapat menjawab dan menjelaskan jika sewaktu-waktu ada yang menanyakan mengenai deskripsi singkat tentang tari saman dan asal daerahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel