Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Sejarah Tari Topeng Cirebon Beserta Jenisnya

Advertisement
Jenis tari topeng dari cirebon memang cukup beragam. Untuk memahami lebih lanjut, artikel sejarah tari topeng cirebon beserta jenisnya di bawah ini dimaksudkan sebagai salah satu referensi belajar kebudayaan Indonesia khususnya dalam membuat tugas seperti makalah, artikel, maupun tanya jawab seputar kesenian dan budaya.

Sejarah dan perkembangan

Selain terkenal sebagai salah satu tarian tradisional di cirebon, tari topeng juga dikenal oleh beberapa daerah sebagai tarian daerah seperti Betawi, Bali, dan Malang Jawa Timur. Diantara kesenian tari topeng yang tersebar di seluruh nusantara tentu memiliki sejarah dan jenis yang berbeda. Demikian pula dengan sejarah tari topeng yang dikenal dan berkembang di daerah Cirebon Jawa Barat.
sejarah-tari-topeng-cirebon-beserta-jenisnya

Jauh sebelum kesenian tradisional ini dikenal oleh masyarakat Cirebon terlebih dahulu masyarakat Jawa Timur mengenal jenis tarian ini. Menurut beberapa seniman, pada masa penyebaran agama islam tarian ini diyakini mulai muncul dan dikenalkan oleh Sunan Gunung Jati sebagai salah satu media dakwah. Properti utama yang dikenakan oleh penari adalah topeng, karena ini pula maka masyarakat memberi nama tarian ini dengan sebutan tari topeng.

Keunikan dan unsur-unsur seni sekaligus makna yang terkandung dalam pementasan tari topeng membuat jenis tari tradisional ini kerap dipertunjukkan baik sebagai sarana komunikasi dalam berdakwah maupun sebagai media hiburan semata.

Dalam perkembangannya, tarian ini kemudian dikenal oleh masyarakat Jawa Barat mulai dari Garut, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, dan Ciancur hingga saat ini.

Jenis Tari Topeng

Jika kita menyimak secara seksama, terdapat 5 topeng yang kerap digunakan oleh para penari dalam pertunjukan tari topeng cirebon. Dari lima jenis topeng inilah para penari berperan sebagai tokoh yang berbeda dengan karakter serta gambaran berbeda pula. Adapun 5 jenis topeng yang ditokohkan dalam tarian ini adalah sebagai berikut:

Panji

Jenis tari topeng yang pertama ini merupakan tarian yang menggambarkan seorang tokoh suci. Secara bahasa kata “panji” diyakini sebagai singkatan dari bahasa jawa yakni “mapan ning kang siji” yang dalam bahasa indonesia memiliki makna tetap tertuju pada Allah SWT.

Samba

Jenis topeng kedua ini memerankan tokoh anak-anak yang lucu, cerita, serta gesit. Kata "Samba" diyakini diambil dari kata “saban” yang secara bahasa indonesia dapat diartikan setiap. Dalam keterkaitan ajaran islam gerakan serta pementasan jenis tari topeng samba ini memiliki makna yang tersirat bahwa seorang muslim harus mengerjakan perintah Allah SWT.

Rumyang

Pada pementasan topeng rumyang, penari mengkomunikasikan sebuah masa dimana seorang anak telah tumbuh menginjak remaja atau dalam islam juga disebut dengan “akhil balig”. Dilihat dari nilai dakwahnya gerakan dalam tari topeng rumyang merupakan gerakan yang menyampaikan pesan bahwa seseorang yang telah memasuki masa akhil balig hendaknya memperbanyak dzikir dan mengingat Allah.

Tumenggung

Beranjak dari masa remaja pada topeng tumenggung pementasan menggambarkan seseorang yang penuh dengan karakteristik serta tegas dalam bertindak. Dilihat dari sisi ajaran islam topeng tumenggung menggambarkan sifat budi pekerti luhur antar sesama.

Kelana

Menggambarkan sifat angkara murka dengan memerankan tokoh yang jahat sebagai gambaran orang-orang yang tersesat. Pada pertunjukan ini terdapat makna bahwa semasa hidup seorang manusia harus senantiasa berusaha guna mendapatkan kebahagian hidup di jalan yang benar.

Demikian sedikit ulasan mengenai kesenian tradisional dari Cirebon yang hingga kini masih cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dengan memahami makna dan jenis tarian topeng di atas semoga dapat memotivasi kita untuk tetap memelihara hasil budaya masa lalu seperti yang telah tersampaikan dalam sejarah tari topeng cirebon beserta jenisnya di atas.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Sejarah Tari Topeng Cirebon Beserta Jenisnya