Ciri-Ciri Tari Saman Dari Gerakan Hingga Pesan Dakwah

Siapa yang belum tahu ciri-ciri tari saman? Meskipun pada artikel sebelumnya kita telah membaca mengenai deskripsi singkat tari saman dan asal daerahnya namun tidak semua dai kita mengetahui bagaimana ciri tarian tersebut. Jika kamu salah satu pelajar yang belum mengetahui ciri khas dari tarian saman di bawah ini akan kami sajikan artikel tentang tari saman yang bisa kamu jadikan sebagai media belajar seni budaya di indonesia.

Ciri yang menonjol dalam salah satu tarian dari daerah aceh ini sebenarnya cukup banyak. Adapun ciri utama dari tari saman dapat kita simpulkan sebagai berikut.

1 Gerakan

Ada dua unsur yang terdapat dalam gerakan tari saman, adapun gerakan tersebut yakni gerakan tepuk tangan serta gerakan tepuk dada.
gambar-tari-saman-aceh

2 Lagu Pengiring

Berbeda dengan jenis tari lainnya seperti tari serampang dua belas, tarian saman memiliki ciri khas dalam lagu pengiringnya yakni berupa syair-syair bernuansa islam sebagai usaha menyisipkan dakwah dalam hiburan gerak berirama tersebut. Tak heran jika pada masa lalu tarian ini juga kerap disebut dengan tari dakwah sebagai upaya penyebaran ajaran islam kepada masyarakat aceh.

3 Tanpa Alat Musik

Tari saman murni sebenarnya sedikit berbeda dengan tarian yang kini kerap dipertunjukkan dalam acara hiburan. Hal ini merujuk pada alat musik pengiring, jika pada era modern saat ini tari saman telah mendapatkan inovasi dengan adanya musik pengiring namun pada masa lalu tarian ini tidak diiringi dengan alat musik. Suara dan lagu pengiring pertunjukan saman berasal dari suara yang dilantunkan oleh para penarinya.

4 Pesan Dakwah

Masih tentang ciri utama tari saman, hal ini yang sangat jarang ditemukan pada jenis tarian lain di Indonesia. Jika di jawa kita mengenal seni tradisional gamelan dan wayang sebagai salah satu media dakwah Wali Songo dalam menyebarkan agama islam, di aceh media dakwah tersebut berupa tarian yang kini dikenal dengan sebutan tari saman.

Momen pertunjukan tari saman pada jaman dulu diiringi dengan pesan dakwah semacam pengajian yang diberikan oleh seorang ulama kepada para penari yang otomatis diperdengarkan pula bagi orang-orang yang melihat pertunjukkan tersebut.

Uraian di atas merupakan ciri utama dari kesenian yang diperkenalkan oleh Syech Saman sebagaimana yang telah kita sampaikan pada artikel berjudul sejarah asal usul tari saman singkat. Semoga artikel tentang ciri-ciri tari saman di atas bermanfaat buat teman-teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel