Apa Pengertian Tari Piring?

Pengertian Tari Piring adalah salah satu seni tari yang berkembang pada masyarakat Minangkabau Sumatera Barat. Keindahan serta keunikan yang dimiliki kesenian tradisional ini hingga kini masih kerap terlihat dipertunjukkan baik oleh masyarakat Minangkabau maupun masyarakat Indonesia pada umumnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang tari piring di bawah ini akan kami sampaikan sedikit uraian singkat terkait dengan materi tersebut.

Gerakan tari piring

Gerakan yang ditampilkan dalam sebuah pertunjukan tari piring menggambarkan proses bertani atau bercocok tanam. Dari gerakan peringai para penarinya dapat kita ketahui bahwa tarian masyarakat Minangkabau tersebut termasuk tarian gerak cepat dan menggambarkan kegembiraan yang bertujuan untuk mengungkapkan ras syukur kepada Sang Pencipta atas apa yang telah mereka dapatkan dari hasil pertanian.
Gerakan yang menggambarkan seseorang tengah menuai padi terlihat sangat menarik dikolaborasikan dengan lembutnya gerakan penari yang lemah gemulai disertai dengan properti berupa piring di kedua tangannya.

Siapa sangka jenis tarian yang sangat populer di kalangan masyarakat pencinta seni tersebut telah berumur hampir seribu tahun. Tari Piring diduga kuat pertama kali muncul dan dikenal oleh masyarakat Solok pada ratusan tahun silam semasa kerajaan Sriwijaya.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa pengertian tari piring adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari tradisi masyarakat Minangkabau Sumatera Barat yang masih terjaga kelestarian nya hingga kini.

Pada awal kemunculannya tarian ini dipertunjukkan sebagai salah satu upacara adat guna memberikan persembahan kepada para dewa saat musim panen tiba. Seiring berjalannya waktu tarian piring kini menjadi salah satu kesenian budaya yang tak ternilai harganya baik bagi masyarakat Minangkabau pada khususnya maupun bagi seluruh rakyat Indonesia pada umumnya.

Adapun properti utama yang digunakan dalam tari piring yakni 2 buah piring yang dibawa oleh para penari pada kedua tangannya. Untuk memahami mengenai peroperti yang digunakan dalam tarian kita bisa menyimak lebih lanjut dalam artikel yang berjudul properti tari piring dari busana hingga alat musik pengiring.

Demikian ringkasan mengenai pengertian tari piring yang dapat kita sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel