Apa Fungsi Tari Saman?

Seiring perkembangan jaman, fungsi tari saman dari aceh mengalami perubahan. Seperti apa dan bagaimana sebab terjadinya perubahan fungsi tarian yang diperkenalkan oleh Syech Saman tersebut secara lebih terperinci dapat kita simak dalam uraian di bawah ini.

Guna mempermudah belajar kita mengenai fungsi tari aceh ini kita dapat mengelompokkan fungsinya menjadi dua jenis yakni pada masa tarian saman dikenal sebagai tarian tradisional hingga menjadi jenis tarian yang terkenal saat ini.
fungsi-tari-saman

Fungsi tradisional

Sebagaimana yang telah kita singgung dalam artikel sebelumnya mengenai sejarah asal usul tari saman singkat, jenis tarian ini pertama kali diperkenalkan oleh Syech Saman. Syech Saman adalah seorang ulama tersohor dari suku Gayo yang pertama kali menciptakan gerakan tari yang sangat santun tanpa mempertunjukkan gerakan tubuh sebagaimana yang terdapat dalam tari gambyong surakarta.

Adapun pada waktu itu Syech Saman sengaja menciptakan gerakan tari saman agar tidak melanggar norma-norma Islam. Di lain sisi fungsi dari tari tersebut yakni dijadikan sebagai salah satu media dakwah penyebaran agama Islam.

Dalam suatu kesempatan sebelum pentas tari saman dilakukan terlebih dahulu ulama akan memberikan siraman rohani atau semacam pengajian, nasehat/ wejangan kepada para penari. Namun tidak sampai disitu tujuan akhir dari pengajian tersebut melainkan memberikan nasihan serta memperkenalkan hukum-hukum islam kepada seluruh penonton yang ingin melihat pertunjukkan tari saman.

Dengan demikian dua fungsi utama tari saman tradisional dapat terlaksana dengan baik yakni sebagai hiburan sekaligus dijadikan sebagai media dakwah penyebaran agama islam.

Fungsi modern

Seiring perkembangan jaman serta terkenalnya tari saman ke seluruh nusantara, secara perlahan fungsi utama dari tarian yang memiliki keunikan tersebut mulai bergeser.

Jika pada masa awal kemunculannya tarian saman dipertunjukkan sebagai media dakwah namun demikian berbeda halnya dengan fungsinya untuk saat ini. Hal ini dapat dikatakan tentu saja tidak tanpa alasan melainkan tarian tradisional dari aceh tersebut kini lebih dikenal sebagai hiburan di berbagai wilahyah di Indonesia. Bahkan tak jarang para mahasiswa mempertunjukkan tarian tersebut di hadapan bangsa lain pada berbagai kesempatan.

Setelah mengetahui bergesernya fungsi dari tari asli suku Gayo di atas tentu saja akan lebih bijak jika dalam pertunjukkan-pertunjukkan tari saman saat ini turut pula di ikuti nasehat-nasehat serta pengajian sebagai media dakwah umat islam. Demikian artikel singkat terkait dengan fungsi tari saman semoga dapat kita jadikan referensi dalam belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel