Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Properti Tari Payung beserta Penjelasannya

Advertisement
Meskipun secara jelas properti tari payung adalah sebuah payung cantik sebagaimana yang telah kita singgung dalam artikel berjudul tari payung Minangkabau dari sejarah hingga perkembangannya namun ada baiknya kita pelajari perlengkapan dalam pementasan tarian tersebut secara lengkap. Guna mendukung hal tersebut di bawah ini kami sampaikan uraian tentang properti yang digunakan dalam sebuah pementasan tari payung. Selamat menyimak.

Properti tari merupakan alat-alat yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari. Tiap-tiap tarian entah itu tarian klasik, tarian tradisional, maupun tarian kreasi baru pasti memiliki properti khas yang baik yang digunakan oleh penari nya maupun perlengkapan lain yang mendukung lancar nya pertunjukan tari seperti alat musik dan lain sebagainya.
makna-properti-tari-payung

Demikian pula dengan tari payung Minangkabau tentu memiliki pula perlengkapan utama dan pendukung sebagai properti nya. Secara garis besar properti tari payung dan pengiring nya dapat kita simpulkan sebagaimana di bawah ini:

Payung

Payung menjadi properti utama dalam setiap pementasan tari tradisional khas Minangkabau Sumatera Barat ini. makna filosofi yang terdapat dalam payung yang dibawah oleh penari pria ini adalah sebagai pelindung bagi hubungan dua insan manusia.

Lebih lanjut mengenai makna dari properti tersebut juga menggambarkan peran seorang pria dalam sebuah rumah tangga yang penuh dengan tanggungjawab, kasih sayang, serta memberikan perlindungan bagi isterinya.

Jika kita pernah melihat pertunjukan tari payung tentu kita akan mengetahui bahwa payung yang dibawa oleh penari pria senantiasa berusaha menutupi bagian atas penari wanita, hal ini dimaksudkan sebagai gambaran seorang pria yang SIAGA terhadap segala macam mara bahaya yang akan dialami oleh sang istri.

Selendang

Properti ini juga tak kalah penting dan menarik dalam pertunjukan tari payung. Pasalnya jenis tarian berpasangan ini memiliki makna mendalam yang ditujukan bagi para remaja dalam menjalin asmara.
Salah satu makna yang tersirat dalam tarian tersebut juga terdapat pada selendang yang digunakan sebagai properti oleh penari wanita. Dalam beberapa kesempatan gerakan tari payung penari wanita akan memainkan selendang tersebut dan melambangkan sebuah ikatan suci antara dua insan manusia.

Lebih menarik lagi ketika kita menyaksikan pementasan tarian tradisional Sumatera Barat ini dimana gerakan unik dan menarik dilakukan oleh pasangan penari dengan memainkan selendang dengan memegang ujung satu dan ujung lain selendang penari wanita bergerak memutar badan menuju penari pria hingga seluruh selendang melilit di tubuh penari wanita. Gerakan ini memiliki makna bahwa seorang wanita siap untuk menjalin hubungan berumah tangga dengan pria yang dimaksud.

Kostum

Bukan tarian tradisional jika tidak mengenakan pakaian adat dimana tarian tersebut berasal. Dengan demikian tentu kita dapat menyimpulkan bahwa kostum yang dikenakan oleh penari berupa pakaian adat Minang, namun demikian pakaian tersebut bukanlah Baju Bundo Kanduang sebagaimana properti tari piring melainkan jenis pakaian adat yang kerap disebut sebagai baju adat Luhak Nan Tigo. Pada berbagai pementasan lain tari piring juga dipertunjukkan dengan memakai pakaian adat yang bercorak lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan beberapa pokok bahasan yang perlu kita pertegas bersama di bawah ini.

Properti tari merupakan alat-alat yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari. Demikian pula dengan tarian payung dari Minangkabau Sumatera Barat ini, properti utama dalam pementasan tari payung adalah payung dan selendang. Selain itu busana adat Minangkabau juga turut menjadi properti pendukung dalam tiap pertunjukan.

Keunikan tari payung terdapat dalam gerakan dan makna yang terkandung di dalamnya. Gerak tari yang menarik tersebut menggambarkan bagaimana seharusnya suatu hubungan asmara terjalin dengan harmonis.

Demikian sedikit penjelasan terkait properti tari payung tarian tradisional Sumatera Barat, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Properti Tari Payung beserta Penjelasannya