Tari Pendet Kesenian Tradisional Berasal Dari Bali

Dari mana sih tari pendet berasal? Jika teman-teman sedang bertanya demikian tentu sudah bisa dipastikan  tari pendet kesenian tradisional dari bali sebagaimana judul di atas. Namun jika teman-teman mencari referensi tentang sejarah, properti, serta fungsi dari tarian tersebut ada baiknya menyimak artikel singkat di bawah ini.

Sejarah

Menurut wikipedia.org Tarian pendet adalah salah satu wujud dari tari pemujaan yang dilakukan oleh masyarakat Hindu di Bali. Secara filosofis tarian ini memiliki makna cukup menarik yakni sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran Dewata ke muka bumi.
gambar-tari-pendet-berasal-dari-bali

Masyarakat Bali memang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat kita lihat dari mayoritas masyarakat Bali yang hingga kini tanpa sungkan mengenakan aneka pakaian adat khas dari pulau dewata tersebut. Tak heran jika estafet kesenian tarian pendet juga dapat dengan mudah diturunkan kepada generasi penerus.
Baca Juga: Fungsi Tari Kecak Bagi Masyarakat Bali
Dalam perkembangannya tarian yang dicptakan oleh seniman terkenal yakni I Wayan Rindi pada tahun 1967 dan dulunya disakralkan tersebut perlahan menjadi salah satu media hiburan masyarakat sekaligus menjadi icon istimewa yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

Keunikan dari tarian yang mayoritas dibawakan oleh para perempuan baik tunggal maupun kelompok ini rupanya sangat mendukung potensi pulau Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Properti 

Properti para penari pendet yakni berupa kostum, yang terdiri dari tapih dengan warna hijau, selendang dengan warna merah, angkin dan kamen dengan warna kuning keemas-emasan. Sementara sebagai properti pendukung terlihat para penari membawa bokor dengan hiasan daun kelapa muda atau janur kuning.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke pulau bali ada baiknya merencanakan untuk menyaksikan pertunjukan khas yang menjadi icon wisata bali tersebut. Selain dengan menonton pertunjukan secara langsung kita sebenarnya juga bisa melihat pertunjukan tarian tersebut dari video yang diunggah ke dunia maya seperti situs youtube yang banyak menyediakan video gratis untuk kita tonton.

Tunggu apa lagi, dengan adanya teknologi informasi dan kemudahan ini ada baiknya kita menggunakan kesempatan tersebut untuk menyaksikan tari pendet kesenian tradisional dari bali tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel