Mengenal Jenis Tari Tradisional: Properti Tari| Pengertian | Sejarah | Fungsi | Tujuan Tari | dan kesenian lainnya

Sejarah Tari Puspanjali

Advertisement
Jika teman-teman berwisata ke Pulau Bali jangan lupa untuk menyaksikan sebuah pertunjukan tari puspanjali yang sangat menarik untuk kita nikmati. Kali ini seni tari akan membahas mengenai sejarah tari puspanjali mulai dari asal usul dan perkembangan kesenian tersebut. Sebagaimana yang telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yakni sinopsis tari puspanjali tari kreasi dari bali kita telah mengetahui bahwa tarian tersebut merupakan salah satu jenis tari modern yang diciptakan khusus sebagai hiburan persembahan bagi para tamu baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang berlibur ke Pulau Dewata tersebut.

Membahas mengenai sejarah tarian puspanjali tentu tida boleh kita lepaskan dari peran penting seorang maestro seni yakni Swasthi Wijaya Badem. Beliau merupakan salah satu tokoh seniman yang pertama kali menciptakan sekaligus memperkenalkan tarian puspanjali pada masyarakat Bali.
sejarah-tari-puspanjali
Dilihat dari namanya tarian tersebut merupakan gabungan dari 2 kata “puspa dan anjali” yang bermaksud “bunga dan hormat”. Tarian ini tergolong sebuah tarian modern yang diciptakan sebagai hiburan pada tahun 1989 oleh Swasthi Wijaya Badem. Sedangkan untuk penata tabuh pengiring atau musik Swasthi Badem menggandeng I Nyoman Windha sebagai partnernya.

Hasil karsa dari kolaborasi kedua seniman tersebut membuahkan keunikan dan keistimewaan tersendiri sebagaimana yang bisa kita lihat dalam pertunjukan tari puspanjali. Dalam gerakan tari puspanjali akan kita dapati keindahan dari kelembutan gerakan wanita bali yang berperan sebagai penarinya. Pertunjukan tarian ini biasanya diperankan oleh 5 hingga 7 penari. Kekompakan serta keselarasan antar penari seolah membuat gerakan-gerakan ritmis yang dibawakannya semakin terlihat menarik.

Dalam perkembangannya tarian yang diciptakan oleh Swasti Wijaya Badem ini banyak mendukung potensi obyek wisata di Bali sebagai salah satu hiburan tepatnya tarian penyambutan selamat datang di Pulau Dewata.

Hingga saat ini keberadaan tarian puspanjali sangat dinanti dan digemari para wisatawan baik domesik maupun mancanegara yang datang berkunjung ke Bali. Terlebih mereka yang sengaja datang ke Bali untuk mempelajari kesenian daerah maupun study tour biasanya tidak akan melewatkan pertunjukan tari puspanjali.

Jika teman-teman berkunjung ke Bali untuk berwisata maupun acara lain jangan lupa ya sempatkan diri untuk menyaksikan keindahan gerakan puspanjali yang bisa kita lihat di beberapa obyek wisata. Terima kasih telah membaca sejarah tari puspanjali, bagikan artikel ini ya jika menurut teman-teman bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Sejarah Tari Puspanjali